Tag

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

The Alchemist

Mengapa kita harus mendengarkan kata hati kita? Sebab dimana hatimu berada disanalah hartamu berada -The Alchemist

Mimpi, simbol ,pertanda dan petualangan akan membawa pembaca seperti mendengar kembali suara suara bijak dalam “The Alchemist”. Dengan bahasa simbolisnya karya besar Paulo Coelho ini memberikan pesan bahwa kita sebaiknya tidak menghindar dari takdir kita, dan mendorong orang untuk mengikuti mimpi  mereka, karena tugas untuk menemukan “Misi pribadi” dan misi kita dalam hidup ini adalah jalan untuk menemukan “Tuhan”, menemukan makna kehidupan, kebahagian, pencapaian, dan tujuan tertinggi mengapa kita diciptakan di dunia ini.

Novel ini menceritakan tentang kisah Santiago, anak laki-laki yang punya mimpi dan keberanian untuk mengikuti mimpinya. Setelah mendengarkan “pertanda”, anak laki-laki ini pergi untuk mengejar mimpinya, perjalanan untuk mencari, menjelajah dan menemukan potensi yang ada di dalam diri, yang dalam novel ini disimbolkan dengan pencarian harta karun tersembunyi, yang terletak di daerah gurun Pasir Mesir di dekar piramid.

Ketika dia memutuskan untuk pergi mengejar mimpinya, ayahnya memberi pesan “Jelajahilah dunia sampai engkau melihat bahwa istana kita adalah yang paling indah, dan wanita kita adalah yang paling cantik”. Dalam perjalanan ini, Santiago melihat keindahan dunia, dan bertemu dengan orang orang yang istimewa seperti Raja dan Sang Alchemist (Ahli Kimia). Dalam perjalanannya mengejar mimpinya akhirnya dia menemukan bahwa “dimana hatinya berada disanalah harta karun itu berada”.  Dan harta karun itu adalah perjalanan pencarian itu sendiri, perjalanan ketika dia mempelajari dan menemukan dirinya sendiri , kebijaksanaan yang dia peroloeh dalam perjalanan itu.

The Alchemist, merupakan novel yang menganggumkan yang penuh dengan rasa optimisme yang meledak-ledak, novel yang menceritakan pada kita bahwa semuanya adalah mungkin selama kita benar benar menginginkan dan bersungguh sungguh mewujudkannya. Hal ini mungkin terlalu menyerhanakan Filsafat kuno barat tetapi Coelho menyatakan “Kesederhanaan adalah sesuatu yang sangat berharga dan hanya orang bijaksana yang mengerti dan menghargai hal tersebut”

Seperti yang dikatakan oleh Sang Alchemist sendiri, ketika dia muncul dihadapan Santiago dalam bentuk seorang Raja Tua “Ketika kita benar benar menginginkan sesuatu, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu membantu kita untuk mewujudkan mimpi kita menjadi nyata”. Ini adalah inti dari nilai filosofi dan pesan yang ingin disampaikan Coelho dari keseluhuran tulisannya dalam The Alchemist. Dan bukankah hal ini benar bahwa kebanyakan manusia sangat ingin percaya pada Si Raja Tua, ketika dia berkata bahwa Kebohongan yang paling besar di dunia ini adalah ketika pada suatu titik kita kehilangan kemampuan kita untuk mengendalikan apa yang terjadi pada hidup kita, kemudian menyerah dengan mengatasnamakan hal tersebut dengan sebutan takdir. Mungkin ini adalah rahasia sukses Coelho bahwa dia memberi tahu orang orang apa yang ingin mereka dengar, daripada dia memberi tahu mereka apa yang mereka harapkan tetapi hal itu tidak mungkin terjadi.

Coelho juga menyarankan bahwa bagi mereka yang tidak punya keberanian mewujudkan “Misi pribadi” alias takdir/mimpinya, maka seluruh hidupnya akan penuh dengan kehampaan, penderitaan dan kekosongan. Ketakutan akan kegagalan merupakan halangan terbesar untuk mencapai mimpi dan kebahagiaan. Seperti kisah pengakuan menyedihkan pedagang tua yang menjual Kristal , “ Aku takut kekecewaan besar akan menungguku ketika aku gagal meraih apa yang aku impikan, jadi aku hanya memilih bermimpi tanpa berani berusaha meraihnya. Hal ini diceritakan dimana Coelho benar benar mengungkapkan drama dari lelaki yang mengorbankan kebahagiaannya/fullfilmentnya demi rasa nyamannya, dia sebenarnya mungkin mungkin bisa mencapai keberhasilan dalam hidupnya tetapi akhirnya gagal karena menyerah pada rasa takutnya dan berakhir dengan kehidupannya yang hampa.

Sangat menarik untuk melihat Coelho yang menghadirkan tokoh yang menolak mengikuti mimpinya adalah orang yang menolak juga untuk melihat Tuhan, dan setiap orang membawa Tuhan dalam dirinya”. Tetapi, hanya sedikit orang yang berani untuk memilih jalan yang telah dibuat untuk mereka, untuk menemukan Tuhan sambil mencari takdir mereka sendiri dan Tujuan mereka hidup di dunia ini.

Untuk itu Coelho melaui novelnya mengajak kita untuk berani mengejar mimpi kita. Dengan bahasa bahasa simbolis dalam novelnya, dimana Sang Alchemist menemukan Tuhan ketika dalam pencariannya untuk menemukan ramuan kehidupan yaitu ramuan yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dan batu filsuf yaitu batu yang bisa mengubah logam jadi emas. Ramuan kehidupan dan batu filsuf merupakan simbol  dalam bahasa kimia/alchemist yang merupakan simbolis dari dari impian yang merupakan “Bahasa Tuhan”

Ini juga merupakan simbolis bahwa Santiago menemukan pasangan jiwanya dan “rahasia” kebijaksanaan di dalam alam liar gurun pasir.  Alam liar adalah simbolis yang banyak digunakan oleh banyak penulis besar, seperti Shakespeare dalam “King Lear”. Di gurun pasir, Santiago bertemu dengan “belahan jiwa” dan menemukan bahwa cinta adalah inti dari eksistensi dan penciptaan/kreasi. Seperti yang dijelaskan Coelho bahwa ketika kita merasakan cinta, kita selalu berusaha untuk memperbaiki diri kita, dan oleh karena itu maka semuanya akan mungkin. Subjek tentang cinta menginspirasi Coelho untuk menulis lirik yang indah dalam tulisannya: “ Aku mencintai kamu karena seluruh alam semesta mendorongku untuk  membuatku datang dekat padamu”

The Alchemist adalah novel yang menarik dengan kisah sederhana yang indah yang penuh dengan pesan kebijaksanaan, rasa optimisme yang meledak-ledak, keberanian, kegigihan, cinta dan spiritual. Sehingga membuat buku ini menjadi salah satu buku yang paling laris alias International Best Seller dan menginspirasi banyak orang dalam mewujudkan takdir atau mimpi mereka. So sangat recomended untuk dibaca dan dikoleksi!🙂

Beberapa quote menarik yang ditemukan ketika membaca novel The Alchemist yang penuh dengan pesan kebijaksanaan dan kehidupan, antara lain :

  • Yang membuat hidup ini menarik adalah kemungkinan untuk mewujudkan impian menjadi kenyataan
  • Orang tampaknya selalu merasa lebih tahu bagaimana orang lain seharusnya menjalani hidup, tetapi mereka sendiri tidak tahu bagaimana seharusnya menjalani hidup mereka.
  • Kebohongan terbesar itu adalah ketika pada suatu titik dalam hidup kita, kita kehilangan kendali atas apa yang terjadi pada kita, dan kita menyerah dan membiarkan kita dikendalikan oleh nasib yang kita sebut dengan takdir.
  • Takdir adalah apa yang selalu ingin kaucapai. Semua orang ketika masih muda tahu takdir mereka. Pada titik itu segalanya jelas, segalanya mungkin. Mereka tidak takut bermimpi, mendambakan segala yang mereka inginkan terwujud dalam hidup. Tetapi dengan berlalunya waktu, ada daya misterius yang mulai meyakinkan mereka bahwa mustahil mereka bisa mewujudkan mimpi itu. Daya ini adalah kekuatan yang kelihatannya negatif, tapi sebenarnya menunjukkan pada kita cara mewujudkan takdir kita. Daya ini mempersiapkan jiwa dan menguji kesungguhan keinginan kita, sebab ada suatu kebenaran mahabesar dalam dunia ini, siapapun dirimu, apapun yang kamu lakukan, jika engkau bersungguh sungguh menginginkan sesuatu, itu karena hasrat tersebut bersumber dari jiwa jagat raya. Itulah misimu di dunia ini.
  • Satu satunya kewajiban sejati manusia adalah mewujudkan takdir/mimpinya.
  • Dan saat engkau sungguh sungguh menginginkan sesuatu maka seluruh alam jagat raya akan bahu membahu membantumu untuk meraihnya.
  • Banyak orang yang terjebak dengan pendapat orang, karena takut orang menilai mimpi kita tidak sesuai dengan status “bagus” di mata masyarakat, kita jadi lebih mementingkan pendapat mereka dibanding takdir/mimpi kita sendiri.
  • Kalau kau memulai dengan menjanjikan sesuatu yang belum kaumiliki, kau akan kehilangan hasratmu untuk berusaha memperolehnya.
  • Kalau setiap hari terasa sama saja, itu karena orang orang tidak menyadari hal hal indah yang terjadi dalam hidup mereka, seiring terbitnya matahari.
  • Orang yang baru pertama kali bermain kartu hampir selalu menang, itu namanya hukum keberuntungan pemula. Engkau dibiarkan mencicipi sukses, untuk menambah semangatmu. Sebab ada daya yang menghendaki engkau mewujudkan takdirmu.
  • Untuk menemukan harta karun itu, kau harus mengikuti pertanda pertanda yang diberikan. Tuhan telah menyiapkan jalan yang mesti dilalui masing masing orang. Kau tinggal membaca pertanda-pertanda yang ditinggalkan-Nya untukmu.
  • Rahasia kebahagiaan adalah menikmati segala hal yang menakjubkan di dunia ini, tetapi tanpa pernah melupakan Takdir/mimpimu.
  • Kalau aku bisa belajar bahasa yang tidak memerlukan kata kata, aku juga bisa belajar memahami dunia.
  • Di dunia ini ada bahasa yang dipahami setiap orang, Bahasa Antusiasme, bahasa orang orang yang berhasil dalam pekerjaan yang dia lakukan dengan penuh cinta dan tujuan, juga sebagai bagian dari pencarian akan sesuatu yang diyakini dan dihasratinya.
  • Setiap berkah yang tidak kita hiraukan, akan berubah menjadi kutukan.
  • Satu hal yang harus dipahami : mengambil keputusan barulah permulaannya. Saat orang mengambil keputusan, berarti dia menceburkan diri didalam arus deras yang akan membawanya ke tempat tempat yang tidak pernah dibayangkan ketika dia pertama-tama mengambil keputusan tersebut.
  • Semakin dekat orang dengan takdirnya, semakin takdir itu menjadi alasan keberadaannya.
  • Malapetaka telah mengajariku memahami Sabda Tuhan: Manusia tidak perlu merasa takut akan hal hal yang tidak diketahui, kalau mereka sanggup meraih apa yang mereka butuhkan dan inginkan.
  • Kita takut kehilangan apa yang kita miliki, entah itu hidup kita, harta benda kita, ataupun tanah kita. Tapi rasa takut ini menguap begitu kita memahami bahwa kisah-kisah hidup kita dan sejarah dunia ini ditulis oleh tangan yang sama.
  • Kalau kau menginginkan sesuatu sepenuh hatimu, saat itulah kau berada sangat dekat dengan Jiwa Dunia. Dan ini selalu merupakan daya positif.
  • Segala sesuatu dibumi ini terus menerus bertransformasi, sebab bumi ini hidup..dan memiliki jiwa. Kita bagian dari jiwa itu, itu sebabnya kita jarang menyadari bahwa jiwa ini bekerja untuk kita.
  • Aku belajar bahwa dunia ini memiliki jiwa, dan siapapun yang memahami jiwa ini juga bisa memahami bahasa benda benda. Aku belajar bahwa banyak alkemis yang berhasil mewujudkan takdir mereka, dan akhirnya menemukan jiwa dunia, Batu Filsuf dan Ramuan Kehidupan. Tapi yang terutama aku belajar bahwa semua itu begitu sederhana, hingga bisa dituliskan di permukaan sebentuk batu zamrud.
  • Kalau sedang makan hanya urusan makanlah yang kupikirkan, kalau sedang berjalan, aku berkonsentrasi pada urusan berjalan. Kalau aku mesti bertarung, mau mati hari apapun tidak ada bedanya bagiku. Sebab aku tidak hidup pada masa lalu ataupun masa depan. Aku hanya tertarik pada saat ini. Berbahagialah orang yang bisa berkonsentrasi hanya untuk saat ini. Hidup ini akan terasa seperti pesta bagimu , suatu festival meriah sebab hidup ini adalah saat yang kita jalani sekarang ini.
  • Bagaimana cara menebak masa depan adalah berdasarkan pertanda-pertanda yang ada sekarang ini. Kalau kau menaruh perhatian pada saat sekarang, kau bisa memperbaiki masa depanmu. Jika kau memperbaiki saat sekarang ini, apa yang akan datang juga akan lebih baik. Lupakan soal masa depan, jalani setiap hari sesuai ajaran-ajaran yang telah kauterima, yakinlah bahwa Tuhan mengasihi anak-anakNya. Setiap hari membawa keabadian bersamanya.
  • Keberanian adalah faktor paling penting untuk bisa memahami bahasa dunia.
  • Bukan yang masuk ke mulut yang menajiskan orang, melainkan apa yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang.
  • Dimanapun hatimu berada, disanalah hartamu berada. Kau harus menemukan harta itu, sehingga segala yang telah kaupelajari sepanjang jalan bisa kaupahami maknanya.
  • Orang dicintai karena dia memang dicintai. Tidak perlu ada alasan untuk mencintai.
  • Hanya ada satu cara untuk belajar yaitu melalui tindakan.
  • Apa yang membuat orang orang gagal mengejar mimpinya adalah mereka mencari harta yang ditakdirkan untuk mereka tetapi tidak mau menjalani takdir itu.
  • Orang orang bijak memahami bahwa alam semesta ini hanyalah citra dan tiruan akan surga. Dunia ini ada sekedar untuk menunjukkan bahwa ada dunia yang lebih sempurna. Tuhan menciptakan dunia ini agar melalui obyek obyek yang terlihat, manusia bisa memahami ajaran-ajaran spiritual serta kebijaksanaan Beliau yang sangat mengagumkan. Itulah yang dimaksud dengan tindakan.
  • Dengarkan suara hatimu. Hatimu tahu segalanya, sebab hatimu berasal dari Jiwa Dunia, dan suatu saat nanti akan kembali kesana.
  • Mengapa kita harus mendengarkan suara hati? Karena dimana hatimu berada disanalah harta karunmu berada.
  • Penghianatan adalah hal yang tak terduga-duga. Kalau kau mengenal hatimu dengan baik, dia tidak akan pernah menghianatimu. Sebab kau tau pasti mimpi-mimpi dan keinginan-keinginannya, dank au akan tau juga cara menyikapinya.
  • Hati berkata, “Meski aku kadang suka mengeluh, itu karena aku ini hati manusia, dan hati manusia memang seperti itu. Orang orang takut mengejar impian-impian mereka yang paling berharga, sebab mereka merasa tidak layak mendapatkannya, atau tidak akan pernah bisa mewujudkannya.
  • Rasa takut akan penderitaan justru lebih menyiksa dibandingkan dengan penderitaan itu sendiri. Dan tidak ada hati yang menderita saat mengejar impian-impiannya, sebab setiap detik pencarian itu bisa diibaratkan pertemuan kembali dengan Tuhan dan Keabadian.
  • Setiap detik pencarian mimpi adalah pertemuan dengan Tuhan karena ketika aku sungguh-sungguh mencari harta karunku, setiap hari terasa membahagiakan, sebab aku tahu setiap jamnya merupakan bagian dari impian menemukan harta itu. Ketika aku sungguh-sungguh mencari harta karunku, sepanjang jalan aku menemukan hal-hal yang tidak pernah akan kulihat jika aku tidak punya keberanian untuk mencoba segala sesuatu yang keliahatannya mustahil dicapai.
  • Tuhan bersemayam di dalam diri semua orang yang bahagia.
  • Kami, hati manusia, jarang banyak bersuara mengenai harta karun dalam diri, karena orang orang tidak lagi berkehendak mencarinya. Hanya kepada anak anak kami berbicara. Sesudahnya kami biarkan hidup mengambil jalannya sendiri, mengikuti jalurnya sendiri, menuju nasibnya sendiri.
  • Namun sayang sedikit sekali orang yang mengikuti jalan yang telah disiapkan untuk mereka. Jalan menuju takdir mereka, jalan menuju kebahagiaan. Sebagian besar orang menganggap dunia ini tempat yang penuh ancaman, dan akibatnya sesuai anggapan mereka, dunia ini benar-benar menjadi tempat yang penuh ancaman.
  • Sebelum mimpi terwujud, Jiwa Dunia menguji segala sesuatu yang telah kita pelajari sepanjang jalan. Bukan karena dia jahat, melainkan agar selain mewujudkan impian-impian kita, kita juga bisa menguasai pelajaran-pelajaran yang kita peroleh dalam proses mewujudkan impian itu. Dan di titik inilah kebanyakan orang biasanya menyerah.
  •  Setiap pencarian dimulai dengan keberuntungan bagi si pemula dan diakhiri dengan ujian berat bagi si pemenang. Seperti pepatah bahwa saat-saat paling gelap di malam hari adalah saat-saat menjelang fajar.
  • Matamu menunjukkan kekuatan jiwamu
  • Setiap orang punya takdir sendiri yang harus dipenuhi. Dan siapapun yang campur tangan dalam takdir orang lain tak akan pernah bisa menemukan takdirnya sendiri.
  • Jangan menyerah pada rasa takutmu. Jika kau menyerah, kau tidak akan bisa berkomunikasi dengan hatimu.
  • Hanya satu hal yang membuat orang tidak bisa meraih impiannya yaitu takut gagal.
  • Mati ditengah usaha untuk mencoba mewujudkan takdir kita jauh lebih baik daripada mati seperti jutaan orang lainnya yang bahkan tidak pernah tahu seperti apa takdir mereka.
  •  Kalau kita berusaha menjadi lebih baik, maka segala sesuatu yang ada disekitar kita akan ikut menjadi lebih baik juga.
  • Apa yang terjadi satu kali tidak bakal terjadi lagi. Tapi apa yang terjadi dua kali, pasti akan terjadi untuk ketiga kalinya.
  • Setiap orang didunia ini apapun pekerjaannya, memainkan peran penting dalam sejarah dunia. Dan biasanya orang itu sendiri tidak menyadarinya.
  • Buka matamu ditempat yang membuatmu menitikkan air mata. Disitulah hatimu berada dan disitu pula hartamu berada.
  • Cinta tidak akan pernah menghalangi orang untuk mencapai takdirnya.
  • Dalam proses menemukan takdir, kita akan belajar segala hal yang perlu diketahui  dan mengalami segala hal yang kita impikan.
  • Hidup ini akan sangat murah hari pada orang-orang yang mau mengejar takdir mereka.