Tag

, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Parade Gong Pawai Pembukaan Pesta Kesenian Bali ke 34 Tahun 2012

Parade Gong Pawai Pembukaan Pesta Kesenian Bali ke 34 Tahun 2012

Melalui PKB, bisa memotivasi masyarakat dan seniman bali untuk menggali, menemukan dan menampilkan berbagi kreativitas seni dan budaya pada pesta seni rakyat Bali ini

Pesta Kesenian Bali atau yang populer disingkat PKB merupakan event yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Bali karena acara ini merupakan pesta seni rakyat bali yang menampilkan berbagai kreasi terbaik seni dan budaya Bali baik berupa tarian, gambelan maupun busana adat dan kerajinan dari daerah di Bali. PKB biasanya dilaksanakan berbarengan dengan liburan panjang sekolah sekitar bulan Juni- Agustus setiap tahunnya, sehingga anak-anak sekolah dan masyarakat bisa memanfaatkan ajang ini sebagai obyek liburan sekaligus pendidikan dan pengenalan kekayaan seni dan budaya Bali. Kita pasti pingin tahu Apa itu PKB? Bagaimana sejarah PKB? Dan pingin melihat kemeriahan pawai pembukaan PKB melaui foto-foto yang menarik? Selamat menikmati…

Event Pesta Kesenian Bali merupakan gagasan yang Genius yang diprakarsai oleh Almarhum Prof. Dr. Ida Bagus Mantra pada tahun 1979 ketika pada saat itu beliau menjabat sebagai Gubernur Bali. PKB pertama digelar pada tanggal 20 Juni 1979 sampai 23 Agustus 1979. Sejak saat itu PKB rutin digelar setiap tahun pada saat liburan sekolah sekitar bulan juni-agustus dengan tema yang berbeda setiap tahunnya.

Pesta kesenian Bali bagi saya merupakan event yang sangat bagus karena :

  • Ajang untuk melihat kekayaan kesenian dan kebudayaan Bali yang ada, yang bisa dilihat pada pawai pembukaan maupun pada pergelaran pertunjukkan tari, gambelan bali, sendratari, pertunjukan busana dari berbagai daerah/kabupaten
  • Wahana untuk mengapresiasi para seniman dengan mengenalkan hasil kreasi mereka kepada masyarakat sehingga tetap terpacu untuk berkarya dan berkreasi.
  • Melaui event ini merupakan sarana yang sangat tepat untuk mempromosikan Bali baik Nasional dan Internasional karena dengan PKB ini akan menunjukkan pada dunia bahwa Bali merupakan pulau wisata terbaik karena punya keindahan alam sekaligus keluhuran seni budaya yang unik dan istimewa yang bernafaskan kearifan lokal dan agama Hindu Bali satu satunya di dunia.

Pesta Kesenian Bali pada tahun 2012 ini adalah PKB yang ke 34 dengan tema “paras-paros” yang mempunyai makna dinamika dalam kebersamaan. Tema itu dinilai relevan dalam upaya merevitalisasi semangat kebersamaan, semangat demokrasi, nilai-nilai kerukunan dan sebagainya. Pada awalnya PKB ke 34 rencananya dilaksanakan dari tanggal 11 Juni – 9 Juli 2012, tetapi Presiden RI yang akan meresmikan pembukaan PKB ke 34 ini tanggal 11 juni ada acara kenegaraan ke luar negeri maka pembukaan PKB dimajukan menjadi tanggal 9 Juni 2012.

Pawai Pembukaan PKB tahun 2012 dilaksanakan di depan monumen perjuangan rakyat Bali “Bajra Sandi” Renon, berbeda dengan tahun sebelumnya yang  dilaksanakan di Puputan Badung. Yang istimewa kali ini pembukaan PKB yang ke 34 ini berbarengan dengan acara World Hindu Summit 2012, yaitu pertemuan tokoh-tokoh hindu Dunia di Bali dalam rangka membuat piagam dan pembentukan Parisada Hindu Dunia dimana Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono yang meresmikan pembukaannya.

Pembukaan diawali oleh pelepasan pawai Pesta Kesenian Bali ke 34 dengan membunyikan okokan, alat musik tradisional khas Bali  kemudian disambut oleh  adi merdangga dari ISI Denpasar dengan lakonnya “Siwa Nataraja”.  Dimana dalam masyarakat Hindu percaya bahwa Dewa Siwa merupakan dewa seni tertinggi yang terus menari ketika menciptakan dunia dan alam semesta ini.

Kemudian dilanjutkan Kabupaten Jembrana yang menampilkan Tradisi Satwa Wana.

Setelah itu, Kabupaten Karangasem menampilkan tradisi Cakepung atau mengenjekan dilanjutkan dengan daerah Mataram menampilkan tradisi pelangi budaya Mataram.

Kabupaten Buleleng menampilkan pemuliaan terhadap tokoh panji sakti, sementara Kota Denpasar menampilkan tradisi Nelayan.

Kota Palangkaraya menampilkan tradisi Matangku Hakangkalu, Kabupaten Tabanan Menampilkan tradisi pelestarian Subak, Kabupaten Gianyar menampilkan tradisi pemuliaan terhadap tokoh Kebo Iwa Daerah Maluku.

Kabupaten Badung menampilkan tema Go Green, Kabupaten Bangli menampilkan tradisi Sabha Gede Krapat Lanang khas Trunyan, lalu ditutup dengan Kabupaten Klungkung menampilkan tradisi Nong-Nong Kling.

Tak ketinggalan juga berbagai universitas dan sekolah di bali seperti Universitas Hindu Indonesia, Institut Hindu Dharma Indonesia, Uni Warmadewa Drumband Uni Udayana dan SMA Negeri 6 Denpasar serta Partisipasi pemuda konghucu Bali ikut memeriahkan Pawai Pembukaan PKB ke 34 ini.

Berikut beberapa foto pilihan hasil jepretan saya ketika Pawai Pembukaan Pesta Kesenian Bali ke 34 Tahun 2012 yang dilaksanakan di Monumen Perjuangan Rakyat Niti Mandala “Bajra Sandi” Renon. Berikut juga saya sertakan foto-foto pawai pembukaan PKB ke 32 tahun 2010. Selamat Menikmati…

Melihat berbagai kesenian yang ditampilkan pada pawai PKB, ada suatu kebanggaan sebagai orang Bali. Bali yang begitu banyak memiliki kekayaan seni dan budaya yang adiluhung, Bali Pulau yang indah dengan seni budayanya yang istimewa dengan nafas hindu khas Bali. Pulau yang terkenal dengan Pulau seribu pura, pulau dewata, Pulau spiritual bahkan para tokoh agama hindu banyak yang mengatakan bahwa Bali punya taksu, punya aura spiritual, sehingga kalo para penekun spiritual jika belum ke bali kurang lengkap rasanya. Dimana seni dan udaya budaya merupakan cerminan persembahan bhakti, kearifan lokal dan ajaran budaya hindu melahirkan budaya yang luhur indah dan adi luhung. Semoga dengan adanya Pesta Kesenian Bali setiap tahunnya bisa tetap melestarikan budaya bali bahkan memacu para seniman untuk tetap berkreasi.

Bagi yang mau melihat jadwal PKB ke 34 Tahun 2012 bisa download di Jadwal PKB34